Membuat perangkat pembelajaran tanpa kendala teknis

shares |

Guru memiliki beberapa tugas pokok yang harus dilaksanakan dengan baik. Beberapa tugas pokok tersebut antara lain menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, melakukan evaluasi, dan menindaklanjutinya. 
Dalam menyusun perencanaan pembelajaran, diperlukan ketelitian dan kesabaran ekstra. Hal ini dikarenakan banyaknya file yang harus kita buka untuk diisi dengan data yang sesuai. Misalnya membuat pemetaan SK/KD, menyusun prota, promes, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyusun KKM. Nah, seringkali dalam prosesnya kita harus membuka file-file tersebut secara bersamaan. Hal inilah yang saya sebut membutuhkan kesabaran ekstra dan butuh ketelitian tingkat dewa. Kadang-kadang beberapa rekan mengaku pusing karena microsoft office dalam tampilan defaultnya belum support tampilan yang berupa tab-tab yang tersusun secara horizontal. Akibatnya, proses penyusunan perangkat pembelajaran menjadi lama dan kadangpula membosankan. Inilah yang saya sebut kendala teknis dalam penyusunan perangkat pembelajaran.
Bagaimana Solusinya?
Berikut solusi agar proses pembuatan perangkat tidak terkendala teknis. Saya menggunakan sebuah software yang mudah sekali instalasinya maupun penggunaannya. Software tersebut adalah office tab. Jika anda belum mengetahui apa itu software office tab ada baiknya membaca artikel ini sampai tuntas.
Office tab adalah sebuah software yang berfungsi untuk menyederhanakan tampilan menjadi berbentuk tabulasi yang dapat dipasang di atas maupun di bawah pada microsoft office. Office tab dapat dipasang pada ms word, ms excel, dan ms power point atau ms office yang lainnya. Office tab mampu membuka banyak dokumen dan secara otomatis (apabila software telah terpasang) akan membuat sebuah tampilan di atas worksheetnya. Kita dapat mengatur style tab sesuai selera, misalnya mengubah warnanya menjadi hijau, biru, merah, atau warna lainnya. Selain itu office tab juga dapat diatur banyaknya karakter pada judul yang hendak ditampilkan. Fungsinya apabila hendak membuka banyak dokumen (misalnya sampai dengan 10 dokumen), misalnya dalam gambar artikel ini saya membuka empat dokumen pada microsoft excel maka judul-judul tersebut hampir semuanya dapat ditampilkan di tab atas. Apabila tidak tampil, maka tinggal mengarahkan pointernya ke atas untuk melihat judul dokumen selanjutnya.
Cara instalasi
Pastikan anda telah memiliki software office tab terlebih dahulu. Kemudian klik setup.exe untuk menjalankan proses instalasi. Tunggu beberapa saat sampai proses penginstalan selesai. Apabila instalasi berhasil, akan muncul menu pada microsoft office. Dengan mengklik menu tersebut, kita dapat mengatur apakah tab akan ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih show tab/hide tab bar. Adapun apabila hendak mengatur style, font, warna dan lainnya sebagaimana saya sampaikan di atas, kita dapat memilih menu options center tab configure. 
Dengan menggunakan office tab, pekerjaan yang membutuhkan banyak dokumen untuk dibuka sekaligus menjadi lebih elegan tampilannya. Menurut saya, hal ini sangat membantu, sebab mata menjadi lebih ringan dalam bekerja, selain itu mampu meminimalisir kesalahan memilih dokumen yang kadang-kadang apabila tidak sabar sering membuat pengguna menjadi jengkel, akibatnya pekerjaan tak segera terselesaikan dengan baik. Demikian artikel sederhana ini, semoga bermafaat. []

Related Posts

0 Komentar: