Monday, November 24, 2014

Local Jenius masyarakat Indonesia


Indonesia pada masa lampau dikenal sebagai jalur perdagangan laut yang sangat ramai. Hal ini memungkinkan persinggungan antara kebudayaan asing dankebudayaan asli masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia terbukti mampu untuk mempertahankan budaya aslinya dan menyerap budaya asing untuk diolah dan diubah seakan-akan menjadi kebudayaan masyarakat setempat. Kemampuan ini lazim disebut sebagai local jenius. 
Apa itu Local Jenius?
Pengertian local jenius seringkali diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia berupa keterampilan dan intelektual yang asli milik masyarakat. Kemampuan ini digunakan untuk beriteraksi dengan masyarakat asing yang membawa serta tradisi dan budaya mereka, lalu kemudian diserap, diolah dan diubah menjadi suatu perpaduan budaya antara budaya asing dengan budaya asli berbentuk budaya baru yang dimiliki oleh masyarakat pendukung kebudayaan asli. 
Sedangkan menurut H.G. Quaritch Wales, Local Jenius yang dimiliki  nenek moyang Indonesia berupa seperangkat karakter kebudayaan yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat dari pengalaman kehidupan selama ini.
Kemampuan bangsa Indonesia dalam berdialog dengan budaya asing memang patut dibanggakan. Khususnya kemampuan yang dimiliki pada masa terbentuknya jaringan intelektual yang terbangun seiring dengan bertumbuhnya lalu lintas perdagangan yang ramai di kawasan Asia Tenggara. Posisi nusantara yang strategis memungkinkan terjadinya persinggungan budaya asing yang dibawa oleh para pedagang dari Arab, India, Persia, dan Tiongkok. Namun hal itu tidak serta merta mengubah kebudayaan asli masyarakat Indonesia. JLA. Brandes dan C. Coedes adalah dua orang peneliti yang mendeskripsikan tentang10 kebudayaan asli Indonesia, penelitian mereka kiranya cukup untuk membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain dalam hal memiliki kebudayaan yang tinggi. Berikut merupakan kebudayaan asli Indonesia menurut JLA. Brandes: 
  1. kemampuan untuk bercocok tanam padi di area persawahan
  2. menemukan prinsip dasar permainan wayang untuk mendatangkan roh
  3. telah mengenal seni gamelan dari perunggu
  4. sudah pandai membuat batik/tulisan hias
  5. memiliki pola susunan masyarakat Macapat 
  6. sudah mengenal alat tukar dalam perdagangan
  7. memiliki keterampilan pemembuatan barang2 dari logam (perundagian) terutama perunggu
  8. menguasai keterampilan dan kemampuan yang tinggi dalam bidang pelayaran
  9. memiliki pengetahuan tentang astronomi
  10. telah memiliki susunan masyarakat yang teratur
Sedangkan menurut C. Coedes, kebudayaan asli masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Memelihara ternak
  2. Ketrampilam perundagian (cetak logam/pembuatan alat2 dari logam)
  3. Ketrampilan pelayaran samudera luas
  4. Sistem kekerabatan Matrilineal
  5. Kepercayaan animisme, dinamisme, dan pemujaan roh leluhur
  6. Mengenal sistem irigasi untuk pertanian
  7. Ketrampilan membuat alat-alat dari tanah liat (tembikar/gerabah)
  8. Kepercayaan kepada penguasa gunung
  9. Cara pemakaman pada kubur batu atau dolmen
  10. Mitologi pertentangan antara dua unsur kosmos
Local Genius kebudayaan dapat dibagi menjadi dua, diantaranya segala nilai; konsep; dan teknologi yang telah dimiliki oleh suatu bangsa sebelum mendapat pengaruh asing. kedua, daya yang memiliki suatu bangsa untuk menyerap, menafsirkan, mengubah, dan mencipta sepanjang terjadinya pengaruh asing. Proses Local Genius sendiri terjadi dari masuknya kebudayaan asing di Indonesia kemudian Indonesia menerima kebudayaan tersebut sehingga menghasilkan suatu perpaduan budaya. 
Demikian merupakan artikel yang berkaitan dengan local jenius masyarakat Indonesia, semoga bermanfaat. []


0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah