Asyiknya mengajar didukung software Micosoft Encarta

shares |

Salah satu tuntutan seorang guru adalah mampu memadukan pembelajaran yang berbasis teknologi komputer. Dengan demikian diperlukan sebuah media pembelajaran yang mampu menunjang pembelajaran tersebut. Salah satu teknik yang sederhana adalah dengan membuat media presentasi power point. Namun, seringkali karena kesibukan dan aktivitas yang padat, kadang-kadang tidak sempat untuk membuat media dalam bentuk power point. Disamping itu, barangkali guru yang telah berusia agak lanjut (maaf) mungkin tidak terlalu menguasai teknik pembuatan media interaktif berbentuk power point ataupun macromedia flash.
Jika Anda termasuk guru yang tidak memiliki waktu untuk membuat media pembelajaran, atau memiliki keterbatasan dalam proses pembuatan, janganlah berkecil hati. Sebab di dunia internet banyak sekali bertebaran software-software yang dapat digunakan dalam menunjang pembelajaran.
Salah satu software yang saya gunakan dalam menunjang pembelajaran di kelas adalah software microsoft encarta yang dikeluarkan oleh microsoft. Saya menggunakan yang versi premium tahun 2009. 
Tentang Encarta
Berikut merupakan penjelasan tentang apa itu microsoft encarta yang saya kutip dari situs referensi terpercaya, wikipedia. Encarta adalah ensiklopedia digital multimedia yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Sampai dengan tahun 2008, Encarta Premium mengandung sekitar 62.000 artikel dengan banyak foto dan ilustrasi, klip musik, video, game interaktif, dan semua itu terdapat di World Wide Web dengan setiap tahun berlangganan atau dengan membeli DVD-ROM atau CD-ROM. Microsoft membuat beberapa ensiklopedia yang hampir sama di bawah merek dagang Encarta dalam berbagai bahasa, yaitu bahasa Perancis, bahasa Jerman, bahasa Italia, bahasa Spanyol, bahasa Belanda, dan bahasa Jepang. Encarta diluncurkan pada tahun 1993 setelah Microsoft memperoleh hak non-ekslusif atas Ensiklopedia Funk & Wagnalls. Pada Maret 2009, Microsoft mengumumkan akan menghentikan layanan Encarta; perangkat lunaknya akan berhenti dijual pada Juni 2009, sedangkan versi situs webnya berhenti pada 31 Oktober 2009.
Keuntungan Menggunakan Microsoft Encarta
Saya menggunakan software ini sejak sekitar tiga tahun yang lalu. Microsoft encarta sangat mudah digunakan. Adapun proses instalasinya tidak terlalu lama. Meskipun demikian software ini cukup banyak menggunakan space disk di komputer kita. Namun hal ini tidaklah mengapa, karena sebanding dengan manfaat yang kita dapatkan.
Tersedia berbagai macam bahasa yang dapat digunakan dalam software tersebut. Namun belum ada bahasa Indonesia. Disamping itu terdapat beberapa kategori ensiklopedi, diantaranya tentang history, geography, people and society, science & nature, art & literature, sports & recreation, games & fun stuff, dictonary, serta salah satu yang saya sukai yaitu encarta for kids. 
Untuk menggunakannya, masuk pada program yang telah diinstal, kemudian memilih satu kategori yang hendak dibaca. Microsoft Encarta banyak didukung dengan gambar-gambar yang menarik, animasi flash yang sangat mudah untuk digunakan, selain itu pada menu juga tersedia tools yang menarik pada menu features, diantaranya adalah geography tool berisi world atlas, quich search maps, dan country facts. 
Respon siswa-siswi ketika saya menggunakan perangkat ini cukup menggembirakan. Mereka lebih antusias dan mengaku tertarik untuk menggunakan perangkat tersebut. [] 
 

Related Posts

0 Komentar: