Menikmati kelezatan Serabi Ngampin

shares |

Serabi Ngampin, sumber gbr: twicsy(dot)com
Ambarawa - Ambarawa selain dikenal sebagai kota Palagan, juga dikenal karena kekhasan kulinernya. Salah satu makanan khas Ambarawa adalah serabi Ngampin. Serabi Ngampin sangat banyak digemari masyarakat, terutama para pengendara mobil maupun motor yang singgah. Tidak sulit menemukan serabi Ngampin, sebab lokasi berjualan terletak di sepanjang jalan raya Ngampin, yaitu Ambarawa bagian barat menuju ke kota Magelang. Disana Anda sudah disambut puluhan pedagang Serabi Ngampin dengan sangat ramah yang membuat pengunjung betah berlama-lama duduk lesehan melepas penat. Para pengunjung juga tak perlu kesusu (terburu-buru) meninggalkan tempat tersebut hanya dikarenakan hendak bergantian tempat dengan pengunjung lain, karena di situ telah berjejer rapi balai-balai tempat pengunjung menikmati serabi Ngampin.
Tidak hanya menikmati serabi Ngampin, pengunjung juga diperkenankan untuk melihat proses pembuatan serabi tersebut. Dengan mempersiapkan adonan yang telah dibawa, penjual tentunya juga akan membuat serabi setelah melayani pembeli. Mereka mendemonstrasikan pembuatan serabi Ngampin tersebut. mereka menangkan satu sendok adonan kedalam wajan serabi tanah liat yang sudah dipanaskan dengan kelapa parut. Setelah itu mereka menuangkan sedikit adonan warna di tengahnya. Warnanya pun bervariasi, ada hijau, merah, dan cokelat. 
Sejarah Serabi Ngampin
Konon kabarnya, kuliner serabi Ngampin ini sudah ada sejak tahun 1970. Pada hari-hari biasa, yang berdagang serabi ini paling hanya 1-2 pedagang. Berbeda ketika malam hari dipertengahan bulan Sya'ban, maka banyak berderet penjual serabi di sepanjang jalan Ngampin. Hampir sepanjang jalan terdapat gubuk sederhana tempat menjual serabi.  Sejak saat itu semakin banyak yang berjualan bahkan menjadikannya sumber mata pencaharian.
Terkait banyaknya pedagang yang berjualan di bulan Sya'ban, dikarenakan para muda-mudi percaya bahwa mereka akan didekatkan jodohnya bagi yang belum dapat, atau segera menikah apabila sudah memiliki pasangan setelah memakan serabi Ngampin tersebut. Maka banyak yang mengaitkan nama serabi dengan  rabi (jawa = menikah). Terlepas dari kepercayaan itu, dengan memakan serabi Ngampin sekaligus menikmatinya, kita telah berkontribusi untuk melestarikan salah satu jajanan tradisional khas Ambarawa. []

Related Posts

0 Komentar: