Bank Soal Sejarah: Seputar Proklamasi-Upaya mempertahankan Kemerdekaan

shares |

Berikut merupakan contoh soal uraian yang berkaitan dengan materi seputar proklamasi, pembentukan alat-alat negara, serta upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Soal tersebut merupakan materi kelas XII IPS Kurikulum KTSP.
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Berdasarkan maklumat pemerintah pada tanggal 3 November 1945, Indonesia kemudian menggunakan sistem multi partai dalam pemerintahan. Apa makna penting yang dapat anda ambil dari penerapan maklumat tersebut?
2. Terdapat kekacauan di bidang ekonomi, politik, dan keuangan pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi masyarakat Indonesia tidak terpengaruh oleh upaya asing mengurangi kepercayaan kepada pemerintah. Apa saja bentuk dukungan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia dalam mengatasi krisis?
3. Pada masa awal kemerdekaan, terdapat tiga ideologi yang berkembang di Indonesia. Ketiga ideologi tersebut secara dinamis bersaing merebut simpati masyarakat, yang diimplementasikan dalam bentuk partai politik. Sebutkan ketiga ideologi tersebut beserta partai pendukungnya!
4. Berdasarkan perjanjian Civil Affairs Aggreement, maka Indonesia kembali dikuasai oleh Belanda. Dengan demikian, kedatangan Sekutu yang diboncengi NICA, memiliki tujuan yang berbeda. Apa tujuan Sekutu datang ke Indonesia?
5. Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan, cara diplomasi lebih dikedepankan/dipilih daripada cara-cara peperangan. Setidaknya, sejarah mencatat ada empat perundingan penting yang dilaksanakan pada periode 1945-1949. Apa saja? Sebutkan!
Pembahasan Soal
1. Berdasarkan maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945, pemerintah menggunakan sistem multi partai. Hal ini mengacu pada pendapat Sultan Sjahrir yang berhaluan sosialis (golongan kiri). Sebagaimana diketahui bahwa pada masa awal kemerdekaan, golongan tersebut sangat kuat. Oleh sebab itu, pemerintah kemudin mengeluarkan maklumat 3 November. maklumat ini mengandung makna penting, yaitu membuktikan bahwa Indonesia bukanlah penganut sistem partai tunggal, sekaligus membuktikan bahwa bangsa Indonesia bukanlah negara fasis. Menurut pendapat Sjahrir, negara fasis identik dengan sistem partai tunggal. Apabila Indonesia menerapkan sistem partai tunggal, maka bisa jadi banyak negara lain menduga bahwa Indonesia mendapatkan hadiah kemerdekaan dari Jepang yang notabene saat itu merupakan salah satu negara fasis selain Jerman dan Italia pada perang dunia II.
2. Ketika terjadi kekacauan di bidang politik, keuangan, dan ekonomi pada masa awal kemerdekaan, masyarakat memberikan dukungan kepada pemerintah di antaranya:
a. Memberikan kepercayaan yang sangat berharga bagi pemerintah di tengah upaya NICA untuk memperlemah kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dengan cara mengacaukan perekonomian (dengan memberlakukan mata uang baru)
b. Masyarakat berpartisipasi dalam program-program yang dicanangkan pemerintah, diantaranya menyukseskan program pinjaman nasional. Terbukti dalam tempo tiga bulan saja, pinjaman nasional telah mencapai angka 5.000.000 rupiah, sebuah angka yang besar saat itu.
c. Turut menyukseskan program Kasimo Plan
3. Ketiga ideologi yang berkembang pada masa awal kemerdekaan, antara lain:
a. Ideologi nasionalis, partai pendukungnya adalah PNI (Partai Nasionalis Indonesia)
b. Ideologi Agamis, partai pendukungnya yaitu Masyumi (Majelis Syura Muslimin Indonesia)
c. Idelogi Sosialis Komunis, partai pendukungnya yaitu PSI (Partai Sosialis Indonesia) dan PKI (Partai Komunis Indonesia)
4. Tujuan sekutu datang ke Indonesia
a. Menerima penyerahan kekuasaan dari Jepang
b. Melucuti tentara Jepang dan mengembalikannya ke negara asalnya
c. Membebaskan tawanan perang dan inteniran sekutu
d. Menjaga/menegakkan keadaan damai/stabilitas keamanan untuk kemudian diserahkan kepada pemerintah sipil
e. Menghimpun keterangan dan mengadili penjahat perang
5. Beberapa perjanjian untuk menyelesaian konflik Indonesia-Belanda
a. Perjanjian Linggarjati
b. Perjanjian Renville
c. Perjanjian Roem-Royen
d. Konferensi Meja Bundar []

Related Posts

0 Komentar: