Wednesday, October 29, 2014

Bank Soal Sejarah Indonesia SMA: Perkembangan masyarakat masa Orde Baru


Berikut merupakan contoh soal-soal latihan berkaitan dengan materi pemkembangan masyarakat pada masa pemerintahan Orde Baru kelas XII IPA semester 1, kurikulum KTSP.
A. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Mengapa dikeluarkannya Surat Perintah 11 Maret 1966 (SUPERSEMAR) dianggap sebagai tonggak lahirnya orde baru?
2. Dalam mengemban SUPERSEMAR, ada beberapa langkah awal yang dilakukan oleh Mayjen Soeharto sebagai upaya untuk menjawab tuntutan dari rakyat sekaligus menjamin keamanan dan ketertiban rakyat. Apa saja?
3. Menguatnya pemerintahan orde baru terhadap kehidupan politik, ekonomi dan sosial ditandai dengan keberhasilan berbagai macam program yang dicanangkan. Meskipun demikian, kadang berdampak buruk bagi demokrasi dan kebebasan berpendapat. Salah satunya adalah penerapan NKK/BKK. Apa itu NKK/BKK dan bagaimana penerapannya?
4. Sikap otoritarianisme Orde Baru juga ditunjukkan terhadap insan pers dan media, yaitu dengan “pembredelan” berbagai macam produk jurnalistik. Apa yang dimaksud dengan pembredelan?
5. Tidak dapat dimungkiri bahwa pemerintah Orde Baru adalah pemerintahan yang dikenal dengan pembangunannya, baik sumber daya manusia maupun infrastrukturnya. Disamping itu, ternyata dunia mengakui keberhasilan pemerintah Orde Baru, terutama pada tiga program pokok yang dianggap berhasil. Apa saja tiga keberhasilan yang diakui dunia tersebut?
Jawaban:
1. Supersemar dianggap sebagai tonggak lahirnya Orde Baru, sebab sejak dikeluarkannya supersemar, kekuasaan Presiden Soekarno mulai melemah. Sebaliknya, muncul tokoh baru yang populer, yaitu Mayjen Soeharto. Kekuasaan presiden Soekarno mulai lemah dikarenakan orang-orang di sekitarnya dianggap terlibat dalam peristiwa G 30 S/PKI, oleh sebab itu sebanyak 15 menteri diamankan. Oleh karena itu, posisi Soekarno dalam pemerintahan menjadi terjepit, sebab tidak lagi ada pendukung yang loyal terhadap dirinya. Bahkan MPR juga menjadi alat untuk melemahkan posisi Soekarno dengan beberapa ketetapan MPR yang dikeluarkan. Puncaknya adalah dengan ditolaknya pidato pertanggungjawaban Nawaksara dan anjuran dari ABRI supaya Soekarno menyerahkan kekuasaan kepada mayjen Soeharto.
2. Beberapa langkah awal yang dilakukan oleh Mayjen Soeharto sebagai pengemban Supersemar:
a. Membubarkan PKI dan ormas-ormasnya
b. Mengamankan 15 menteri kabinet yang diduga terlibat dalam peristiwa G 30 S/PKI
c. Memperbaiki perekonomian
3. NKK/BKK adalah kependekan dari Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kampus. Program tersebut merupakan upaya pemerintah Orde Baru untuk membungkam suara-suara kritis yang berasal dari kalangan akademis, khususnya Mahasiswa yang seringkali dianggap meresahkan. Oleh sebab itu, pemerintah Orde Baru memberlakukan larangan kepada mahasiswa untuk terjun di politik praktis, dan hanya fokus pada akademik saja.
4. Pemberedelan pada masa pemerintah Orde Baru adalah upaya untuk mengambil tindakan kepada media massa/badan penerbitan/pers yang dianggap kritis dan merugikan pemerintah. Hal ini dikarenakan tulisan yang dimuat pada media tersebut dianggap menyudutkan dan memprovokasi masyarakat serta menebar kebencian kepada pemerintah. Pembredelan dapat berupa skorsing/larangan terbit dalam jangka waktu tertentu, sedangkan yang paling berat bisa berupa pencabutan SIUPP (Surat ijin usaha penerbitan pers), artinya media tersebut harus dibubarkan.
5. Beberapa keberhasilan pemerintahan orde baru yang diakui oleh dunia, antara lain keberhasilan program keluarga berencana (KB), swasembada beras, dan program transmigrasi (pemerataan penduduk).
Demikian pembahasan soal tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru, apabila terdapat kekeliruan, silahkan berikan pendapat di kolom komentar. terimakasih []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah