Wednesday, October 29, 2014

Bank Soal Sejarah: Kerajaan Hindu Buddha-kerajaan Islam


Berikut merupakan contoh-contoh soal yang berkaitan dengan materi kerajaan Hindu buddha hingga kerajaan Islam kelas XI IPA kurikulum KTSP. Dalam contoh bank soal sejarah kali ini, hanya disajikan lima buah pertanyaan sederhana, sehingga harapannya dapat dijawab dengan baik dan benar.
Soal Uraian
1. Sebutkan isi dari prasasti Tugu pada kerajaan Tarumanegara!
2. Sebutkan 6 faktor penyebab kemunduran kerajaan majapahit!
3. Saluran 6 Islamisasi di Indonesia!
4. Sebutkan kebijakan kerajaan mataram Islam pada masa pemerintahan Sultan Agung di bidang seni!
5. Sebutkan dua perjanjian yang membagi mataram menjadi beberapa wilayah, sebutkan daerah-daerah baru tersebut!
1. Prasasti tugu merupakan prasasti kerajaan Tarumanegara yang menyatakan perintah raja Purnawarman untuk melakukan penggalian dua buah sungai, yaitu sungai Candrabaga dan sungai Gomati sepanjang 14 km yang dilaksanakan selama 21 hari. Adapun tujuan penggalian sungai tersebut adalah untuk mencegah terjadinya banjir.
2. Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia. Meskipun demikian pada akhirnya kerajaan tersebut kehilangan pengaruh dan runtuh. Berikut Enam faktor penyebab kemunduran kerajaan Majapahit, antara lain:
a. Tidak ada pengganti yang cakap setelah meninggalnya Hayam Wuruk dan Gajahmada.
Sebagaimana diketahui bahwa Majapahit mencapai puncak kejayaan pada masa Raja Hayam Wuruk yang didampingi oleh mahapatih Gajah Mada. saat mereka berdua berkuasa, Majapahit menjadi kekuatan yang sangat besar. Majapahit mampu menguasai daerah-daerah nusantara. Hal ini tidak terlepas dari Sumpah Palapa yang diucapkan Gajah Mada. Meskipun demikian, sepeninggal keduanya (Wafat), Majapahit tidak mendapatkan pengganti yang secakap mereka, oleh sebab itu pada perkembangannya Majapahit cenderung mengalami kemunduran.
b. Terjadinya perang saudara /perang Paregreg.
Perang paregreg adalah perang saudara yang bertujuan untuk memperebutkan kekuasaan sepeninggal Hayam Wuruk. Perang tersebut terjadi antara  Bhre Wirabhumi dan Wikramawardhana
c. Banyak daerah vassal yang melepaskan diri dari Majapahit
Sepeninggal Hayam Wuruk dan Gajah Mada, kekuasaan Majapahit cenderung melemah. Oleh sebab itu, kontrol terhadap negara-negara jajahan (Vassal) cenderung longgar. Oleh sebab itu, situasi tersebut dimanfaatkan oleh daerah kekuasaan Majapahit untuk melepaskan diri.
d. Serangan dari kerajaan lain
e. Terjangkitnya wabah penyakit
f. Perkembangan islam yang cukup pesat menyebabkan Majapahit runtuh
Perkembangan Islam sebenarnya telah ada pada abad-abad sebelum Majapahit runtuh. Bahkan pada masa keemasan Majapahit, telah ada eksistensi masyarakat Islam di Trowulan, Mojokerto. hal ini dibuktikan dengan penemuan Makam-makam Islam di Trowulan. Oleh sebab itu, berdasarkan bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa Islam telah berkembang pada masa Majapahit menguasai Nusantara. Namun perkembangan Islam semakin pesat dengan kemunduran kerajaan Majapahit.
3. Enam saluran islamisasi diantaranya:
a. Perdagangan
b. Perkawinan
c. Pendidikan
d. Politik
e. Kesenian
f. Tasawuf
4. Kebijakan Mataram Islam pada masa Sultan Agung di bidang seni:
a. Menciptakan kalender Jawa
b. Mengadakan grebeg maulud
c. Memperingati kelahiran Kanjeng nabi Muhammad SAW / sekaten
d. Mengarang kitab sastra gending, niti sastra, sruti, dan asta brata
5. Perjanjian yang terjadi pada kerajaan Mataram Islam
a. Perjanjian Giyanti, membagi mataram menjadi dua wilayah, yaitu Keraton Kasultanan Yogyakarta, dan Kasunanan Surakarta
b. Perjanjian Salatiga, yaitu perjanjian yang membagi menjadi empat wilayah, yaitu keraton kasultanan yogyakarta, mangkunegaran Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, dan pakualaman Surakarta. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah