Saturday, September 13, 2014

BAGAIMANA MANUSIA PURBA MENGENAL API?


Api merupakan penemuan paling penting pada tahap kehidupan manusia purba.
Api merupakan penemuan paling penting pada tahap kehidupan manusia purba. Bagaimana tidak? Api merupakan sumber utama selain air untuk menjamin kemudahan hidup manusia purba. Bagi manusia saat ini, api merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia. Api sangat dibutuhkan manusia sebagai penerangan sebelum listrik ditemukan. Api juga sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari misalnya untuk kegiatan memasak, penerangan, sekaligus sebagai penghangat ruangan.
Lalu bagaimana manusia purba pertama kali mengenal api? Berdasarkan data arkeologi, penemuan api telah terjadi sejak 400.000 tahun yang lalu pada periode manusia Homo Erectus. Pada mulanya, manusia membuat api dengan dengan cara membenturkan batu dengan batu lainnya sehingga menghasilkan percikan api. Percikan tersebut kemudian ditangkap dengan dedaunan kering, lumut atau material kering lainnya sehingga menghasilkan api. Setelah api membesar, mereka menggunakan api tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu manusia purba membuat api juga bisa dilakukan dengan menggosok suatu benda dengan benda lainnya, baik secara berputar, berulang, atau bolak balik. Misalnya sepotong kayu keras digosokkan dengan kayu lainnya akan menghasilkan panas karena gesekan. Gesekan yang terus menerus akan menimbulkan panas, selanjutnya menghasilkan api berupa percikan yang dimulai biasanya dengan munculnya kepulan asap. Dengan proses yang sama dengan menangkap api tersebut dengan material yang mudah terbakar, mereka menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
Adapun manfaat api bagi manusia pra aksara antara lain;
a. Menghangatkan diri dari cuaca dingin.
b. Dengan api kehidupan lebih bervariasi dan berbagai kemajuan akan tercapai.
c. Memperkenalkan manusia pada teknologi memasak makanan, yakni memasak dengan cara membakar dan menggunakan bumbu / ramuan tertentu.
d. Api digunakan sebagai senjata untuk mengusir binatang buas.
e. Api dapat dijadikan sumber penerangan.
f. Api dapat digunakan untuk membuka lahan pertanian dengan cara slash and burn ( menebang pohon di hutan kemudian membakarnya untuk dijadikan tanah garapan.
Demikian sekilas informasi tentang bagaimana manusia purba pada zaman dahulu mengenal dan memanfaatkan api. Semoga kita mampu mengambil manfaat dari kehidupan pada zaman dahulu. []

4 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah