Ambarawa Selayang Pandang

shares |



Sejarah Ambarawa

Rawa Pening, satu icon Ambarawa, sumber: trekearth(dot) com
Ambarawa - Ambarawa merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.  Ambarawa merupakan kawasan yang strategis sebab diapit oleh tiga kota besar, yaitu Magelang, Semarang, dan Salatiga. Ambarawa menjadi jalur persinggahan bagi para pengendara mobil maupun motor, dikarenakan keindahan panorama dan keramahan masyarakatnya. hal ini menyebabkan Ambarawa begitu dicintai sekaligus ngangeni (membuat kangen siapapun, sehingga suatu saat ingin ke Ambarawa lagi). Ambarawa memberikan nuansa perjalanan dengan menawarkan keragaman budaya, kuliner, wisata, serta ekonomi kreatif yang tumbuh di Ambarawa. 
Berikut merupakan deskripsi singkat tentang Ambarawa yang diambil dari situs referensi populer wikipedia:
Pada era kerajaan kerajaan Mataram (Amangkurat II) kawasan ini bernama Limbarawa. Dulu Ambarawa pernah menjadi ibu kota Kabupaten Semarang. Sekarang ibu kotanya adalah Ungaran. Ambarawa juga disebut sebagai kota Palagan Ambarawa, dan terdapat Musium Palagan Ambarawa, Musium Kereta Api Ambarawa dan Benteng Willem I.

Ambarawa menghubungkan penting adalah memberikan jalur rel bergerigi kereta api yang menghubungkan seluruh wilayah Jawa Tengah hingga Yogyakarta melalui Magelang. Jalur Semarang-Ambarawa-Magelang adalah sepenuhnya operasional sampai 1977. Sekarang merupakan situs Museum Kereta Api Ambarawa.

Ambarawa adalah lokasi penguburan kamp Jepang di mana lebih dari 15.000 orang Eropa telah dilaksanakan selama masa penjajahan Jepang. Setelah Jepang menyerah dan ketika Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pertempuran pecah di daerah Ambarawa pada tanggal 20 November 1945 antara pasukan Inggris yang mengevakuasi di tanah jajahan Eropa dan Republik Indonesia. []


Related Posts

0 Komentar: