pionir-pionir pelaut dari kawasan eropa dan jasanya (part 2 )

shares |

Vasco Da Gama
Vasco Da Gama dilahirkan di Sinos provinsi Alemntejo di Portugal sekitar tahun 1496 M. Vasco Da Gama adalah kapten kapal laut Portugal yang pertama kali membuka jalan laut untuk perdagangan antara Eropa dan Asia. Atas permintaan raja Manuel 1 dari Portugal Vasco Da Gama memulai rancangannya untuk menjalin perdagangan dengan India dengan berlayar ke timur mengelilingi Selatan Afrika.
Vasco Da Gama berlayar ke timur pada tanggal 8 Juli 1497 M dari pelabuahn Lisbon dengan anak buah kapal 150 orang. Beliau tiba di pulau Cape Verda pada awal bulan November dan kemudian berlayar ke selatan di sepanjang pantai barat Afrika dan kemudian mengelilingi tanjung pengharapan (Turnbull, 1962:56). Vasco Da Gama mendarat di Calicut India pada bulan Mei 1969 M dan mendirikan tugu batu marmer sebagai kenangan perjalanan baru dari eropa timur jauh (Hayes, 1971:77). Perlayaran da Gama telah membawa kepada penumbuhan penempatan dan loji-loji perdagangan Portugis di India.
Christopher Columbus (1451-1506 M)
Columbus di lahirkan di Bandar Genoa, Italia pada tahun 1451 M. Pada usia 19 tahun Columbus telah menjadi seorang kelasi dan telah berlayar dari Italia ke Inggris melalui Gibraltar. Columbus berminat untuk membuat pelayaran-pelayaran ke timar. Pada tahun 1484 M Columbus mencoba untuk mengadakan pelayaran yang bersifat percobaan atas perintah dari raja Portugal John 11, tapi tidak berhasil. Belait merasa kecewa dan seterusnya ke negara Spanyol dan di sini raja Ferdinand dan Isabella mendukung rencana Columbus. Mereka iri hati dengan penolakan orang Perancis dan memikirkan inilah peluang yang terbaik untuk mendapatkan wilayah-wilayah baru di seberang laut. Akhirnya pada tahun 1492 M Columbus menyebrangi lautan Atlantik dengan 3 buah papal yaitu SantamarĂ­a, Mina, dan Pinta. Setelah beberapa bulan berlayar, Columbus mendarat di sebuah pulau yang dikenal sebagai San Salvador di Bahamas. Columbus kemudian menemukan pantai Cuba dan Hispaniola. Antara tahun 1493-1504 M Columbus telah berlayar sebanyak 3 kali. Dalam pelayaran kedua beliau menemukan pulau-pulau Dominica, Puerto Rico, dan Jamaica. Pada pelayarannya yang ketiga Columbus menemukan Trinidad. Dalam pelayarannya yang terakhir Columbus menemukan pantai timur Amerika Tengah dari Honduras ke Panama. 
Ferdinand Magelhaens (1480-1521 M)
Ferdianand Magelhaens adalah pelaut, ahli goeografi dan pengembara yang berasal dari Portugal. Magelhaens terkenal sebagai orang yang pertama melakukan pelayaran mengelilingi dunia. Magelhaens mempelajari ilmu pelayaran ketika menjadi perwakilan Portugal di India selama 7 tahun. Magelhaens juga mempunyai pengalaman berlayar di sekitar kepulauan Melayu, Laut Cina Selatan dan pernah mengetahui ekspedisi ke Maluku di kepulauan remapah-rempah (Debenham, 1960:80). Magelhaens mendapat kepercayaan dan dukungan dari raja Spanyol Charles V untuk berlayar ke kepulauan rempah-rempah dan membuka kawasan baru untuk Spanyol.
Pelayaran Magelhaens penuh masalah, kapten-kapten kapal mencoba membunuhnya karena dia orang asing yang mengetahui pelaut Spanyol. Di samping itu, di perjalanan ia kekurangan perbekalan, salah satu kapal mengalami kerusakan, tetapi tetap melakukan ekspedisi. Akhirnya sampai di kepulauan Aldrone Filipina. Setelah 10 hari mendarat di Filipina, kemudian melanjutkan ekspedisi ke sebuah pulau kecil di Mactan. Dia dengan 100 orang pengikutnya terbunuh dalam perkelahian dengan penduduk setempat. []






Related Posts

0 Komentar: