Sunday, March 2, 2014

Hubungan fasisme dengan komunisme dan sosialisme


Semasa kuliah, saya pernah diberikan tugas untuk membaca sebuah buku yang berkaitan dengan ideologi-ideologi dunia. Salah satu yang menarik saat itu adalah buku tentang ideologi fasisme dimana dalam perjalanannnya pernah memengaruhi panggung sejarah dunia. berikut merupakan review tentang buku yang ditulis oleh Hugh Purcell, People and politics facism.
Judul Buku : Fasisme, Judul asli : People and Politics Facism, Penulis : Hugh Purcell, Penerjemah : Faisol Reza, dkk, Penerbit : INSIST PRESS, Yogyakarta, Tebal buku :142 + XVII halaman, Tahun terbit : Juli 2000.
Sebelumnya anda telah membaca tentang
Fasisme dan Komunisme
Sebenarnya Fasis dan komunisme memiliki banyak kesamaan. Dictator komunis Cina, Mao Tse Tung, mengajarkan bahwa Cina adalah bangsa terbesar. Tetapi fasisme adalah anti komunis yang hebat. Karena, fasis adalah nasionalis sedangkan komunis internasionalis. Dilain sisi fasis mengagungkan bangsa dan komunis mengagungkan perjuangan kelas.
Fasisme dan sosialisme
Sosialisme adalah unsur fasisme. Secara sederhana sosialisme mengartikan Negara, atas nama masyarakat, memiliki alat-alat produksi (industri dan pertanian), distribusi (transportasi) dan pertukaran bank sehingga bangsa menjadi kuat. Mussolini dan Oswald Mosley adalah sosialis sebelum menjadi fasis. Nazi sendiri adalah Sosialis Nasionalis (national Socialist). Kemudian Mussolini dan Hitler membangun pengertian fasisme secara khusus dari sosialisme. Dalam prasasti Koin Jerman disebut “Gemeinnutz vor Eigennutz” artinya Barang bersama sebelum pribadi. Ini berarti segala hal ditunjukkan untuk kepentingan Negara.
Fasis sayap kiri atau Kanan ?
Fasis meleburkan kebijakan sayap kanan dan kiri. Sayap kanan mempertahankan keberadaan sekarang dan kiri menginginkan untuk membawa kepada masa depan. Sayap kanan menekankan kebebasan dan kiri menekankan persamaan hak. Lalu dimana letak fasisme ?
image
Fasisme dan komunisme bertemu pada beberapa titik sehingga sulit dibedakan. Pada lingkaran memperlihatkan banyak perbedaan. Walau demikian serupa pada beberapa hal. []






0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah