Thursday, February 6, 2014

SKL Sejarah Kelas XII IPS


 

Kelas X

1. Memahami ruang lingkup ilmu sejarah

2. Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

3. Menganalisis masa pra-aksara dan masyarakat aksara pada masyarakat Indonesia

4. Menganalisis kehidupan awal masyarakat di Indonesia meliputi peradaban awal, asal usul, dan persebaran manusia di wilayah nusantara/Indonesia

Program IPS

1. Menganalisis kehidupan awal, peradaban manusia Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia serta asal usul dan persebaran manusia di Indonesia.

2. Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia pada masa negara tradisional, meliputi perkembangan budaya, agama, dan sistem pemerintahan masa Hindu-Buddha, masa Islam, proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-buddha, dan Islam di Indonesia.

3. Menganalisis kesejarahan masa kolonial Hindia Belanda (pengaruh barat) meliputi perubahan ekonomi, demografi, sosial, serta politik dan masa kolonial Jepang yang meliputi perubahan sosial-ekonomi, politik.

4. Menganalisis pengaruh berbagai revolusi politik dan sosial di dunia (revolusi Perancis, revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia) terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik Indonesia.

5. Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945, terbentuknya Negara kesatuan Republik Indonesia, dan lahirnya Undang-Undang Dasar 1945.

6. Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia mulai merasa kerajaan-kerajaan Hindu-buddha, kerajaan Islam, pemerintah kolonial belanda, Inggris, pemerintah pendudukan Jepang, meliputi politik (lahirnya gerakan pendidikan, dan nasionalisme), cita-cita terbentuknya negara merdeka dan sebagainya.

7. Menganalisis perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan persatuan NKRI dari ancaman disintegrasi bangsa, antara lain peristiwa Madiun 1948, pemberontakan DI/TII, peristiwa PERMESTA, peristiwa Andi Azis, RMS, PRRI, dan Gerakan G-30-S/PKI.

8. Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi sampai dengan masa Orde Baru, dan masa Reformasi, meliputi masa pemerintahan Demokrasi terpimpin (Orde Baru, 1945-1967), masa demokrasi Pancasila (Orde Baru, 1967-1998), dan masa peralihan ke masa Reformasi (1998-sekarang)

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah