Tuesday, November 5, 2013

Bung Tomo dan Zaman Pergerakan Nasional


Tulisan ini merupakan bagian kajian pustaka dari karya tulis yang saya bimbing bersama dengan Ibu Dra. Nurul Inayati (SMA Islam Sudirman Ambarawa) dalam Lawatan Sejarah 2013. Judul karya Tulis tersebut adalah “Persepsi Generasi Muda tentang Nilai Kepahlawanan Bung Tomo pada masa Pergerakan Nasional”.
Sejarah pergerakan nasional adalah zaman di mana terdapat banyak sekali ide-ide yang menonjol tentang perjuangan rakyat Indonesia, cita-cita yang menyebakan rakyat Indonesia bergerak dan berjuang dengan segala faktor yang mempengaruhinya, baik keadaan di dalam negeri maupun di luar negeri (Materu, 1985: 1).
Adapun beberapa faktor intern yang menjadi pendorong kebangkitan nasional menuju zaman pergerakan nasional adalah, adanya kenangan kejayaan masa lampau, keadaan rakyat Indonesia yang tak mampu lagi menahan penderitaan yang berkepanjangan, politik drainase Belanda telah menyebabkan kemiskinan dan kemelaratan, serta munculnya kaum terpelajar di Indonesia akibat politik etis yang diterapkan Belanda pada awal abad ke 20. Sementara itu, faktor ekstern pendorongnya antara lain kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905, bangkitnya negara-negara Asia Afrika untuk menentang kolonialisme dan imperialisme bangsa barat, serta munculnya faham-faham baru tentang kebebasan dan kebangsaan di dunia.
Zaman pergerakan nasional dapat dibagi menjadi beberapa bagian (Materu, 1985:2), antara lain:
1. Tahap Angkatan Perintis (1908-1927)
2. Tahap Angkatan Penegas (1927-1934)
3. Tahap Angkatan Pencoba (1934-1945)
4. Tahap Angkatan Pendobrak (1945-1950)
5. Tahap Angkatan Pelaksana (1950- dan seterusnya)
Berdasarkan pembabakan yang diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa Bung Tomo merupakan pejuang pada dua tahap sekaligus, yaitu tahap angkatan pendobrak dan tahap angkatan pelaksana. Hal ini tampak pada karier kemiliterannya, serta pengalaman kenegaraannya semasa Presiden Soekarno (Orde Lama) berkuasa hingga Presiden Soeharto (Orde Baru) berkuasa. []
DAFTAR PUSTAKA
Materu, S.H, Mohammad Sidky Daeng. 1985. Sejarah Pergerakan Nasional Bangsa Indonesia. Jakarta: PT Gunung Agung.
Ricklefs, M.C. 1989. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada Press
Sutomo, Sulistina. 2008. Bung Tomo Suamiku; biar rakyat yang menilai kepahlawananmu, cetakan kedua. Jakarta: Visimedia.
Sutomo. 2008. Pertempuran 10 November 1945; kesaksian dan pengalaman seorang aktor sejarah, cetakan kedua. Jakarta: Visimedia.
……….2008. Menembus Kabut Gelap; BUNG TOMO MENGGUGAT; pemikiran, surat, dan artikel politik 1955-1980. Jakarta: Visimedia.
Tim Narasi. 2009. 100 Tokoh yang mengubah Indonesia. Jakarta: Narasi.

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah