Thursday, January 24, 2013

Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1


identitas Buku:
Judul: Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1
penulis: Dr. Soekmono
Tahun terbit: 1981, penerbit: Penerbit Kanisius
tebal: 83 halaman

Masa prasejarah merupakan babakan penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Untuk memahami zaman prasejarah, ternyata tidak cukup mudah. Hal ini dikarenakan rentang waktu yang cukup lama mencapai jutaan tahun. Meskipun demikian, kita masih dapat mempelajari masa prasejarah dengan mengoptimalkan media yang ada, misalnya buku, artefak-artefak yang tersimpan di museum dan lain-lain.
Jika Anda pernah berkunjung ke Museum Sangiran, Anda akan ditunjukkan deorema-deorema yang mengilustrasikan masa prasejarah yang terbagi menjadi beberapa tahapa, yaitu zaman Peleolithikum, Mesolithikum, dan Neolithikum, maupun Megalithikum. Demikian pula museum yang lain, misalnya Museum Ronggowarsito Semarang, Jawa Tengah, Anda dapat memahami zaman prasejarah berdasarkan benda-benda yang dipamerkan di dalamnya.
Salah satu media yang tidak boleh ditinggalkan adalah buku yang digunakan untuk memeroleh informasi awal berkaitan dengan benda-benda yang hendak Anda lihat dalam kunjungan ke museum tersebut. Buku yang dapat digunakan untuk memeroleh informasi awal tersebut dan saya kira cukup lengkap dan memadai adalah buku Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia jilid I karya Dr. Soekmono.
Buku ini sangat renyah untuk dibaca dikarenakan tidak banyak teori yang dipaparkan di dalamnya. Sebagaimana disampaikan oleh penulis dalam halaman pengantarnya, bahwa ia menghendaki para pembaca dapat memahami dan mendapatkan pengetahuan dasar tentang kebudayaan Indonesia secara mudah.
Buku Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1 ini merupakan salah satu buku pegangan utama Saya dalam mengajarkan materi tentang kehidupan awal masyarakat Indonesia. Buku ini menginformasikan secara gamblang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia kala itu. Pada masa prasejarah, kebudayaan manusia dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu kebudayaan zaman batu, dan kebudayaan zaman logam.
Kebudayaan zaman batu, dibagi menjadi tiga zaman, yaitu zaman Paleolithikum, Mesolithikum, dan Neolithikum (kemudian menghasilkan tradisi kebudayaan Megalithik). Sedangkan kebudayaan zaman logam, dapat dibedakan menjadi tiga zaman, yaitu zaman besi, tembaga, dan zaman perunggu.
Buku Karya DR. Seokmono ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik, sehingga mengantarkan pembaca untuk mendalami hasil kebudayaan masyarakat Indonesia saat itu. Dengan membaca buku ini dapatlah diketahui bahwa kebudayaan masyarakat Indonesia saat itu sangatlah tinggi. Oleh sebab itu salah satu manfaat yang diharapkan setelah membaca buku ini adalah menumbuhkan apresiasi dan menghargai hasil-hasil kebudayaan Indonesia yang hampir punah akibat tangan-tangan manusia yang tak bertanggung jawab. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah