Thursday, January 24, 2013

Asyiknya Mengajarkan Sejarah dengan “Lukisan Sejarah”



Pelajaran Sejarah kerapkali dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Beberapa Skripsi dari rekan-rekan saya secara masif mengangkat permasalahan tersebut. Banyak cara dilakukan untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar siswa.
Salah satu upaya mengajarkan sejarah adalah dengan menggunakan media pembelajaran. “Lukisan Sedjarah” (masih ejaan lama) karya  Muhammad Yamin (diterbitkan Djambatan) bisa menjadi media pembelajaran yang menarik. Cukup mahal harga yang harus saya bayar untuk mendapatkan buku langka ini. Namun setidaknya nominal itu tidak sebanding dengan kepuasan maupun kebanggaan mendapatkannya. Sebab, secara pribadi saya memeroleh keuntungan dengan memiliki buku ini, utamanya dalam mengajarkan sejarah.
Buku yang terbit pada tahun 1957 ini dibagi menjadi dua bab, yaitu lukisan sedjarah Indonesia, dan lukisan Sedjarah dunia. Dalam masing-masing bab terdiri dari beberapa pasal. Bab Sedjarah Indonesia mulai dari prasejarah, zaman klasik, zaman Islam, Abad Pertengahan, zaman kolonial, dan masa pergerakan Nasional hingga Proklamasi Kemerdekaan. Sedangkan bab sedjarah Dunia kurang lebih bertema sama, dimulai dari zaman prasejarah dunia, peradaban kuno dunia (Mesir, Mesopotamia, China, India, dll), zaman Abad pertengahan, revolusi Perancis, dll.
Dengan menggunakan Lukisan Sedjarah, antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat, Mereka tertarik dan penasaran untuk mengamati gambar-gambar tersebut. Adanya penjelasan dari setiap gambar semakin memudahkan guru untuk memberikan penjelasan tentang gambar tersebut. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah