Tuesday, March 6, 2012

Sekilas tentang Komunitas Babat Alas Ambarawa


Jika Anda berasal dari Ambarawa dan sekitarnya (Bawen, Banyubiru, Salatiga, dan sekitarnya) bisa bergabung ke dalam komunitas anak muda pecinta sastra, puisi, esai, cerpen, dan artikel yang tergabung ke dalam wadah bernama “Komunitas Babat Alas”. Komunitas yang berusaha untuk memberdayakan anak muda khususnya di Ambarawa dan sekitarnya ini didirikan oleh M. Rifan Fajrin, dkk. Mereka pada mulanya berusaha mentransfer ilmu yang diperoleh pada bangku kuliah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, UNNES).
Belakangan komunitas ini mulai masuk ke beberapa sekolah di Ambarawa. Bersafari dari kelas ke kelas, memberikan pelatihan teater dan menulis cerpen serta puisi kepada sekolah-sekolah yang telah menjalin kerjasama dengan komunitas ini. Sambutan yang diberikan sangat menggembirakan. Mulai dari pementasan teater, menerbitkan buku kumpulan cerpen siswa, dan sebagainya. kegiatan mulian ini tidak lain bertujuan untuk menyiapkan generasi unggul dari Ambarawa yang memiliki keinginan kuat untuk maju. Komunitas ini mengajak siswa yang tertarik untuk mendalami ilmu sastra dan jurnalistik untuk berdiskusi, mengembangkan pikiran, dan menuangkan karya, dan ide-ide kreatif mereka pada sebuah buletin bernama sama dengan nama komunitas, yaitu buletin babat alas.
Sempat pada suatu ketika mereka seakan mati suri. hal ini dikarenakan satu persatu anggotanya harus sejenak meninggalkan  hobi mereka ini untuk fokus pada studi masing-masing. Beberapa diantaranya juga harus menikah dan terpaksa terbagi konsentrasinya. Meskipun demikian sekarang mereka telah menemukan spirit mereka kembali. Terbukti bahwa studi bukanlah halangan, menikah bukanlah rintangan. Kini mereka eksis lagi, Proyek terbaru mereka selain tetap menerbitkan buletin sastra Babat Alas, mereka juga berencana untuk melakukan road show lagi untuk melakukan rekrutmen dan berusaha mewujudkan cita-cita memberdayakan generasi muda khususnya di lingkungan Ambarawa dan sekitarnya.


Base Camp atau tempat kumpul komunitas ini terletak di Perumahan Serasi, Ambarawa, di kediaman M. Rifan Fajrin. Jika anda tertarik bergabung, bisa menghubungi M. Rifan Fajrin di nomor 085640723095, atau silahkan kontak fb mereka M. Rifan Fajrin, Habib A. Abdullah, Pandhu Wismono, Muhammad Nur Aeni, dan Muhammad Rifai Fajrin. kunjungi pula blog mereka babatalas.blogspot.com. []



0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah